Selasa, 19 Oktober 2010

Asal Usul Nama Subang

 
      Asal usul nama kota Subang selain daripada nama Subang Larang sendiri, ada cerita dari Kasepuhan kalaulah nama Subang di ambil dari cerita ketika Mbah Rangga Wulung alias Astra Prawira beserta rengrengan mencoba memasukan berbagai jenis pohon tanaman ke dalam pusaran air yg terletak di poncol Gunung Sapotong ( yg kini bernama Bumi Perkemahan Rangga Wulung ) untuk mengetahui di manakah akhir dari pusaran air tersebut berada. Namun setelah beberapa kali mencoba hal itu tidak diketahui dengan menelusuri ke semua sumber air, semua tanaman hasil coba ada.   
     
          Hingga terbersit suatu cara yaitu dengan memasukan seekor anjing merah ke dalam pusaran air tersebut yg kemudian diselusuri di sumber air manakah anjing tersebut akan muncul. Ternyata anjing tersebut keluar di sumber air yg berada di Park ( Parek org sunda bilang ) tanah kosong sebelah bangunan Hotel Subang Plaza yg hingga kini tanah kosong tersebut tak terurus dan takkan mungkin di dirikannya sebuah bangunan sehubungan tanah tsb mengandung banyak air karena bekas adanya kubangan besar. Namun di sanalah kota Subang aslinya adalah tanah Park dan sekitarnya. Nama Subang berasal dari Asu Abang yg artinya Anjing Merah.  

            Ada sumber lain mengatakan bahwa Subang singkatan dari Swiss ( Suis org sunda bilang ) Bank ( Bang ) yang berarti Subang itu adalah merupakan Bank Dunia karena semua harta peninggalan para leluhur kita terbanyak ada di daerah Subang. Jangankan untuk membayar semua hutang2 negara kita Indonesia kepada luar negeri, untuk membeli negara Amerika pun kita mampu dengan tergalinya semua harta terpendam peninggalan para leluhur kita. Menurut penuturan kasepuhan Subang itu sepuh ( tua ) karena tanah Subang sudah bernama pada tahun 22, dapat kita bayangkan berapa usia kota Subang sekarang. Namun benar atau tidaknya cerita para sesepuh Subang tersebut hanya waktu /dawuh yang akan membuktikan hal tersebut. 

         Di samping itu tentunya hanya yang empunya Subang nya yg akan bisa mengambilnya tanpa syarat apapun yakni Ibu Subang Larang sendiri yang di yakini oleh kasepuhan Subang bahwa beliau sudah menetes ( natas, nitis, netes ) kepada salah seorang rahayat Subang. Adakah diantara kalian yg mengetahui siapakah Titisan dari Ibu Subang Larang? Walahu' alam. 

7 komentar:

  1. Langkung Paos Pami nganggo Basa Sunda...... Htr Nhn

    BalasHapus
  2. leres agan, manehna tos aya, mangga silaturahmi ka ksatrian kalahitam

    BalasHapus
  3. Assalam mu allaikum wr punten nepang keun sim kuring ngiring lebet ka ka media Blogger Agan nu kacida sae pisan artikel..haturan oge ka pun Rencang sadayana hum na sa Subang sareng sabudereun nana.
    Upami aya waktos linggih nya di Rorompok Blogger Abdi nya Gan..
    Karrysta™ Blog Berbagi Tips Dan Trik
    Di antos Ka Sumpingan ana Hatur Nuhun Wassalam muallaikum wr wb

    BalasHapus
  4. Bukan kah nyi mas subang larang istri eyang prabu siliwangi ??

    BalasHapus
  5. katanya subang itu artinya anting yang buat di pake prempuan

    BalasHapus
  6. ngarang!... belajar sejarah dengan benar... di antos di padepokan

    BalasHapus